Peran Mahasiswa untuk Pendidikan Indonesia

"Peran Mahasiswa untuk Pendidikan Indonesia"

Kita sebagai mahasiswa memiliki berbagai peran penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kita harus sadar akan peran penting kita dan mampu menjalankannya dengan sebaik mungkin sehingga tidak ada anak-anak yang buta huruf atau pun tak pandai berhitung.

       Perlu kita ketahui, mahasiswa merupakan jajaran pemuda dan pemudi pilihan yang mampu meneruskan jenjang pendidikannya ke yang lebih tinggi. Dalam jenjang ini, mahasiswa dituntut lebih kritis dalam berbagai hal. Tak terkecuali dalam masalah pendidikan Indonesia.

Mahasiswa adalah ujung tombak pendidikan, pada masa ini kita sebagai mahasiswa harus mampu bersaing satu sama lain guna untuk menjadi yang terbaik di dalam kelas maupun dalam lingkup fakultas. Namun hal itu sama saja seperti jenjang-jenjang pendidikan sebelumnya yang hanya mementingkan output daripada proses dan selalu hanya memandang mereka yang memiliki hasil terbaik tetapi mereka yang kurang baik selalu dipandang sebelah mata.

Hal seperti itulah yang harus mampu kita rubah mulai dari sekarang, dari jenjang kita sebagai mahasiswa yang memiliki peran sebagai agen perubahan. Mahasiswa yang terutama memiiki disiplin ilmu pendidikan harus sadar betul peran nya nanti yang akan berkecimpung dalam dunia pendidikan bahwa output yang baik harus disejajarkan dengan proses yang tidak menyamaratakan setiap siswa karena setiap individu siswa memiliki kesukaan dan bakat masing-masing.

Kita sebagai mahasiswa sejak saat ini harus mau dan sadar akan pentingnya pendidikan bagi generasi-generasi muda bangsa Indonesia dari sabang sampai merauke, dari yang di perkotaan, pedesaan maupun pesisir pantai.

Oleh karena itu, alangkah pentingnya kita sebagai mahasiswa menyuarakan suara kita kepada pemerintah akan penting pemerataan pendidikan dari ujung timur ke ujung barat. Sejalan dengan itu pun kita juga harus ikut serta menjadi sukarelawan pendidikan di desa-desa terpencil guna meningkatkan kualitas pendidikan dan InsyaAllah juga menjadi Amal jariyah bagi kita.

Maka dari itu pula perlu kita sadari pentingnya peran mulia kita sebagai mahasiswa pendidikan yang harus berani melihat ke sekitar untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia sehingga tidak kalah berkualitas dengan pendidikan yang ada diluar negeri.

Selain dari itu pun, masalah ekonomi yang sering menjadi penghambat pendidikan bagi siswa siswi di Indonesia harus kita bantu dengan mengadakan pendidikan gratis bagi mereka yang bahkan hanya memikirkan makan untuk esok bukannya pendidikan bagi anak-anaknya. Walaupun pada kenyataan nya dengan pendidikan kita mampu merubah nasib yang terjadi pada diri mereka, tapi apalah daya setiap insan memiliki pemikiran masing-masing dan bagi mereka yang terpenting itu ialah kehidupan untuk esok hari bukan masa yang akan datang.

Namun, karena itu pula kita sebagai mahasiswa harus mampu merubah pemikiran semacam itu guna meningkatkan kesadaran pendidikan di lingkungan-lingkungan kumuh untuk memastikan keberlangsungan hidup mereka yang lebih baik dengan mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas guna masa depan yang cerah.

Pemerintah melalui program kartu indonesia pintar pada kenyataannya belum dapat menyentuh daerah-daerah yang ada di pelosok-pelosok negeri, yang harus dilalui dengan perjalanan darat, laut atau bahkan tidak dapat dilalui kendaraan sehingga harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Dengan memahami situasi tersebut maka dari itu peran dari kita sebagai mahasiswa untuk mau terjun langsung ke medan perang pendidikan guna memberikan ilmu yang merata bagi seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

Semoga kita sebagai mahasiswa pendidikan menyadari peran penting kita bagi masa depan bangsa Indonesia. "Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah segala amalannya, kecuali dari tiga perkara : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendoakannya [ HR. Muslim, Abu Dawud dan Nasa'i ] Kata-kata yang perlu di garisbawahi ialah ilmu yang bermanfaat, jadi jangan sia sia kan kesempatan untuk kita melakukan amalan yang sangat bermanfaat bagi orang lain dan juga diri kita. :)



Nama               : Agung Priyanto

NRM               : 1106617025

Prodi               : Bimbingan Konseling

TTL                 : Majalengka, 12 April 1999

Hobi                : Tidur dan Bermain Game



Komentar